Senin, 02 Juni 2008

TATA USAHA FKIP

Dalam sebuah kampus atau suatu lembaga pendidikan itu selalu ada badan atau tempat untuk melayani siswa atau mahasiswa yang ingin mengurus keperluan administrasinya yang mana bila di kampus dalam sebuah universitas biasanya disebut dengan BAK atau Badan Administrasi Kemahasiswaan. Badan ini merupakan bagian tata usaha dari sebuah lembaga pendidikan yang berada dilingkungan kampus dalam sebuah fakultas. Dikampus FKIP juga memiliki badan ini yang juga mengurus masalah administrasi mahasiswa.
Badan tata usaha di FKIP ini mempunyai program kerja yang tidak jauh berbeda dengan yang ada di fakultas – fakultas lain, yaitu tetap mengutamakan urusan administrasi mahasiswa yang kuliah di fakultas itu. Tugas dan fungsinya sudah sangat jelas dipaparkan diatas. Karena FKIP telah berdiri lebih dari 20 tahun maka badan ini pula mungkin sudah berumur hampir menyamai umur FKIP dan telah mengalami banyak perubahan dan pergantian kepengurusan dari tahun ke tahun seiring berjalannya waktu. Dan apakah perubahan yang terjadi tersebut menuju kearah lebih baik atau malah sebaliknya .
Kenyataannya hasil kerja yang tertampak saat ini sangatlah jauh dari apa yang diharapkan mungkin bisa dibilang tidak memuaskan karena kebanyakan para pegawainya tidak profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pegawai tata usaha, banyak urusan – urusan administrasi mahasiswa yang tidak selesai dengan baik malahan banyak yang terbengkalai padahal sudah mengeluarkan biaya untuk mengurus keperluan para mahasiswa tersangkut masalah administrasi.
Hal diatas di perkuat dengan survei yang dilakukan secara tidak langsung hanya dari obrolan dengan beberapa mahasiswa yang berkuliah di FKIP banyak sekali yang mengeluh dengan kinerja dari BAK ini. Padahal mereka itu sudah membayar sejumlah uang untuk membayar biaya mengurus keperluannya. Banyak pula yang mengeluhkan pelayanan yang tidak memuaskan dari pegawainya yang tidak ramah dalam melayani mahasiswanya dan sering menunjukkan ekspresi wajah yang tidak ramah, padahal yang mereka layani itu adalah mahasiswa yang memberi iuran tiap semester untuk menggajinya, dan bisa dibilang mahasiswa adalah raja, tapi menegapa mereka malah seenaknya saja dalam melakukan tugasnya, yang lebih gila lagi mereka menganggap bahwa mereka itu lebih hebat dari mahasiswa karena menikmati fasislitas vip yang disediakan oleh fakultas, mereka mendapatkan makanan yang iuran anggarannya diambil dari kami- kami ini sebagai mahasiswa yang tiap semester membayar, tetapi malah bukannya berterima kasih atas biaya yang kami keluarkan, mlah mereka seenaknya memperlakukan kami bila kami meminta tolong kepada mereka.
Sebenarnya kami ini tidak minta lebih dari BAK, yang kami minta hanya kelancaran dan kemudahan kami dalam mengurus keperluan kami menyangkut urusan administrasi, dan pelayanan yang baik tanpa harus ada rasa dongkol di hati kami, kan bila kami lancar , pasti tidak ada masalah bukan …. ?

Tidak ada komentar: